Selasa, 04 Juni 2024

KPU Muaro Jambi Menegaskan Jumlah TPS Pilkada Serentak 2024 Berkurang



Viraljambi.com- SENGETI-Menghadapi momentum pilkada serentak atau Pemiliihan Bupati Muaro Jambi  2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Muaro Jambi menegaskan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang digunakan akan jauh berkurang. Khususnya jika dibandingkan pemilu legislatif dan pemilu presiden beberapa waktu lalu.


“Ya sesuai Dengan Intruksi KPPU RI   memang berubah, karena satu TPS bisa menampung lebih banyak,” ujar Ketua KPU Muaro Jambi Al Mutaqqim selasa (04/06/24). 


Ketika diwawancarai, Al Mutaqqim memproyeksikan jumlah TPS akan berkurang sekitar 30 persen dari total TPS pada pemilu serentak 14 Februari lalu sebanyak 1.296 TPS.

“Berkurang sekitar 400-an TPS, dari jumlah TPS yang ada sekitar 1.296TPS pada pemilu serentak lalu. Tepatnya 800  TPS, Nanti kan disesuaikan dengan jumlah DPT, dan hal itu bisa bertambah ,artinya sekarang dari 1.296 bisa akan menjadi sekitar 800 TPS " Kata Al Mutaqqim. 

Sesuai dengan regulasi untuk penyelenggaraan Pilkada merujuk pada UU Nomor 02 Tahun 2024 tentang tahapan, kalau Pantarli PKPU no 08 tahun 2022, kalau  untuk TPS  sesuai dengan Intruksi  KPPU
jumlah TPS yang digunakan dapat menampung 300 hingga 600 pemilih. Berbeda halnya dengan TPS pada pemilu serentak (legislatif dan presiden) yang hanya dibatasi 300 orang pemilih saja, "imbuhnya.

“Ini baru perencanaan awal. Nanti kemudian kami coklit, kami susun lagi penyusunan TPS karena ketika DPT ditetapkan seiring dengan TPS-nya,” ucap dia menerangkan.

Sebab itu,Al Mutaqqim  menambahkan, pihaknya akan memetakan pemilih yang berdomisili berbatasan dengan wilayah desa lain agar tidak terpisah ketika menggunakan hak pilih mereka.

Pilkada serentak atau momentum Pemilihan Bupati Muaro Jambi saat ini tahapannya terus berjalan. Usai melantik PPK dan juga PPS, KPU Kabupaten Muaro Jambi  tengah mempersiapkan tahapan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebagai dasar acuan menuju Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2024, " Tutupnya.