Kamis, 06 Juni 2024

Waspadai Peningkataan Penyakit Peralihan Musim, Begini Kata Dinas Kesehatan Muaro Jambi


Viraljambi.com- SENGETI-Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi mengimbau masyarakat mewaspadai sejumlah potensi penyakit pada peralihan dari musim hujan ke musim kemarau seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) serta Demam Berdarah Dengue (DBD).


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi, Afifudin mengatakan, memasuki musim kemarau biasanya terdapat beberapa penyakit yang perlu diwaspadai. Apalagi akhir-akhir ini cuaca di Muaro Jambi khususnya sering berubah dari panas di siang hari dan malam berpotensi hujan dengan intensitas sedang.


“Peralihan dari musim hujan ke musim kemarau membuat kondisi suhu pun berubah. Tentunya patut waspada terhadap beberapa penyakit, termasuk juga diare,” katanya.


Oleh karena itu, kata Dia,  perlu ada kewaspadaan yang lebih terutama bagi masyarakat luas karena ketika tingkat kelembabannya rendah pasti ada resiko jadi ISPA meningkat kemudian kemarau pun akan terjadi pengurangan debit air sehingga masyarakat kebutuhan air akan sedikit berkurang.


"Untuk itu melalui jajaran Puskesmas sampai ke bawahnya memastikan seluruh kepala dan tenaga kesehatan yang lain berada pada posisi siaga dan memastikan seluruh sarana untuk mengantisipasi peningkatan kasus," jelasnya.


Ditambahkannya, guna mengantisipasi penyakit di musim kemarau, masyarakat diimbau untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan melakukan 4M Plus, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur.


"Selain itu, melindungi diri saat beraktivitas di luar ruangan, seperti menggunakan masker," tuturnya.