Selasa, 19 Maret 2024

Sekda Budhi Hartono Himbau ASN Bayar Zakat Ke Baznas Muaro Jambi, Segini Besaran Zakat Mal

  



Viraljambi.com- Pj Bupati kabupaten muaro jambi, Bachyuni Deliansyah melalui sekretaris daerah pemkab muaro jambi, Budhi Hartono mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) memenuhi kewajiban sebagai umat muslim yakni membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional untuk membantu masyarakat.


"pembayaran zakat melalui baznas membantu masyarakat kurang mampu sehingga kami mengimbau setiap ASN di lingkup pemkab muaro Jambi membayar zakat melalui baznas, karena ASN mencari makan di muaro jambi seharusnya bayar zakatnya di muaro jambi, " Jelas Budhi Rabu (20/3/2024). 


Menurut sekda Budhi Hartono zakat merupakan kewajiban yang harus dikeluarkan bagi umat muslim dan diharapkan besaran zakat yang dihimpun melalui baznas semakin besar melibatkan berbagai pihak dan kalangan.


Dimulai dari pimpinan SKPD yang menjadi contoh bagi setiap bawahannya hingga bersama seluruh masyarakat bisa menyalurkan zakat untuk membantu orang-orang yang berhak menerimanya.



Lanjutnya lagi terkait Besaran  Zakat yang akan di bayar bersama dengan Ketua MUI muaro Jambi untuk menentukan besaran zakat fitrah yang ada di waktu tahun 2004 ini besarannya kalau untuk yang biasa mengkonsumsi beras yang kualitas baik itu kalau dirupiahkan itu sebesar Rp 48.000 Kemudian untuk konsumsi beras sedang itu sebesar Rp 43.000 dan untuk yang biasa mengkonsumsi beras yang kualitas rendah itu ditetapkan sebesar Rp 38.000 , " Bebernya. 



Hingga tahun sebelumnya kita menetapkan hal itu berdasarkan harga yang berlaku hari ini , yang berlaku sekarang mereka berhasil sekarang jadi ada memang ada sedikit peningkatan di bandingkan antara untuk zakat fitrah," Katanya. 


jadi kita sudah beredaran surat langsung ditandai oleh  Bupati, bahwa para ASN , PNS maupun Honorer ketika kerja di muaro Jambi, itu wajib untuk membayarkan zakat fitrah dan zakat mal itu ke muaro Jambi, Jadi mereka mencari makan di muaro Jambi juga harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di muaro Jambi , itu kita tekan seperti itu sehingga nanti mudah-mudahan dengan zakat mal zakat fitrah kita kumpul itu ibisa didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan ," Ungkapnya. 


masyarakat tentunya termasuk ASN yang berbagai leading sektor baik tenaga guru, termasuk perawat mau sampai ke bawah kita dekatkan seperti itu ," Imbuhnya. 


Jadi bagi mereka yang di daerah terpencil bisa transfer, sebenarnya kan mekanismenya bisa ditransfer kemudian ada semacam ijab kabul atau dititipkan kepada kepala sekolah atau Kepala Puskesmas ya kemudian mereka akan ijab kabul dengan yang menerima di Baznas muaro Jambi, " Pungkas sekda Budhi Hartono.