Rabu, 13 Maret 2024

Cuaca Ekstrem, PT. PLN ULP Muara Bulian Berikan Tips Aman dari Ganguan.

 


Viraljambi.com-MUARA BULIAN-Listrik adalah kebutuhan vital dalam kehidupan sehari-hari. Namun begitu, listrik pun memiliki potensi bahaya yang cukup besar. Bukan hanya dapat menimbulkan kecelakaan, tetapi juga mengancam jiwa.


Bahaya listrik yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari di antaranya adalah arus pendek atau korsleting listrik yang diakibatkan ketidakpahaman ataupun kelalaian masyarakat.


Seperti dalam beberapa hari terkahir cuaca ekstream hujan dan petir beserta angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Batanghari, masyarakat harus mulai mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi akbat cuaca ekstream tersebut. Mulai dari genangan air hingga banjir menjadi hal yang kerap terjadi ketika musim hujan.


PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Muara Bulian membagikan kiat aman menggunakan tenaga listrik saat musim hujan kepada masyarakat agar terhindar dari potensi musibah yang berkaitan dengan kelistrikan.


 "Agar tetap nyaman, kita harus memperhatikan keamanan peralatan kelistrikan disekitar kita, seperti instlasi listrik di dalam rumah ataupun bangunan. Salah satu kondisi kelistrikan yang mungkin dapat terjadi adalah konsleting atau hubung singkat" Terang Zera Fitrizon. 



Zera Fitrizon, Manager PLN ULP Muara Bulian melalui Team Leader K3L mengatakan, konsleting dapat terjadi jika instalasi kelistrikan dalam kondisi tidak baik, seperti kabel yang terkelupas akibat termakan usia ataupun yang isolasi kabelnya rusak ulah binatang seperti tikus.


kondisi yang sangat rentan terhadap konsleting adalah ketika terjadi genangan air ataupun banjir, peralatan elektronik menjadi hal yang perlu diwaspadai karena akan menjadi media pengahantar listrik yang sangat membahayakan jika terendalam dalam air ataupun banjir.


Berikut beberapa tips yang perlu dilakukan untuk menjaga keamanan penggunaan listrik ketika banjir :


1. Mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB) pada kwh meter. Hal ini untuk menghindari bahaya tersengat aliran listrik.


2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak dan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi aman.


3. Apabila terjadi banjir dan jaringan listrik belum dipadamkan oleh PLN, laporkan segera melalui aplikasi PLN Mobile, Contact Center PLN 123 atau hubungi kantor PLN terdekat.


4. Selain itu, hubungi juga instansi terkait penanggulangan bahaya banjir.


5. Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan instalasi listrik dalam keadaan kering sebelum aliran listrik dinyalakan kembali. Penormalan listrik oleh PLN akan dilakukan apabila instalasi PLN maupun warga sudah dalam kondisi kering dan siap dialiri listrik. Penyalaan akan dilakukan dengan didahului oleh penandatanganan berita acara disaksikan oleh Ketua RT, RW atau tokoh masyarakat setempat.


6. Agar semakin aman, masyarakat yang akan memasuki kawasan banjir juga perlu menggunakan alat pengaman diri seperti sepatu boots karet yang kedap air, sehingga jika melewati genangan air dapat menghindari risiko terkena pecahan kaca, paku, bakteri, maupun arus listrik bocor.


PT. PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Muara Bulian berkomitmen akan terus mengedukasi masyarakat untuk meminimalisir angka kecelakaan dan korsleting listrik  akibat ketidakpahaman masyarakat akan dampak yang terjadi.  (bam)