Kamis, 19 Oktober 2023

Ditangan Ibu-ibu LA City, Olahan Ikan Patin Bukan Hanya dimasak Tempoyak


Viraljambi.com- Multiplier effect dari Perusahaan raksasa yakni Pertamina bukan hanya menghasilkan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk nasional dan mampu menyerap tenaga kerja hingga ribuan orang pada saat proses konstruksi tetapi Pertamina juga disibukkan akan tanggungjawabnya terhadap pemberdayaan masyarakat.



Seperti di Pertamina EP Field Jambi yang memproduksi minyak namun tak membuat mereka lupa akan tanggung jawab sosial melalui program CSR kepada masyarakat sekitar lokasi produksi. 


Seperti yang ada di desa Lopak Alai, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi. Pertamina EP Field Jambi membina kawasan pendampingan pemberdayaan ekonomi masyarakat yakni usaha kuliner olahan ikan patin.


Dari bahan baku ikan patin, yang biasa masyarakat Provinsi Jambi hanya bisa mengolah masakan khas Jambi yakni tempoyak, namun ditangan binaan Pertamina EP Field Jambi,  masyarakat setempat mampu mengolah hingga menjadi beberapa produk andalan seperti Sambal Lingkung, Abon, Stik dan Kerupuk.


Para anggota Forum Jurnalis Migas (FJM) pun berkesempatan mencicipi olahan ikan patin yang dikerjakan oleh tangan-tangan terampil 6 ibu-ibu rumah tangga sebagai anggota kelompok usaha tersebut.


Anita (48) selaku ketua kelompok LA City berharap agar Pertamina EP Field Jambi tak bosan-bosan membina dengan beragam program. Karena selama empat tahun dibina dan Pertamina EP Field Jambi terus melakukan pendampingan. Salah satunya lewat program pelatihan serta bantuan alat-alat produksi dan lainnya.


“Harapan saya mudah-mudahan Pertamina dak bosan-bosan ya membantu kami, Pak. Dalam apa namanya usaha ini, Pak. Biar lebih lancar lagi, biar lebih maju lagi mudah-mudahan kami ke depan. Terima kasih kepada Pertamina, Alhamdulillah atas binaan selama ini,” terangnya saat dikerumuni anggota FJM Jambi. (bam)